Jurus Menjalankan Bisnis Franchise Hingga Sukses

Ada dua elemen kunci setiap waralaba yakni pemberi waralaba (franchiser) dan penerima waralaba (franchisee). Pemberi waralaba menjual merek terkemuka serta keahliannya kepada penerima waralaba yang kemudian mendirikan dan mengelola bisnis tersebut.

Untuk pemberi waralaba mendapatkan manfaat berupa kemampuan untuk meningkatkan keuntungan serta menjadi merek yang terkenal dan dipercaya di tingkat nasional atau global.

Sedangkan keuntungan yang didapatkan penerima waralaba adalah bahwa teknik ini dipercaya dapat mengurangi tingkat resiko. Waralaba juga lebih mempermudah bisnis karena tidak harus menciptakan rencana bisnis baru atau mengembangkan merek yang belum terkenal.

Agar waralaba dapat berkembang dengan pesat, maka persyaratan utama yang harus dimiliki satu teritori adalah kepastian hukum yang mengikat bagi para franchisor maupun franchisee. Karenanya, kita dapat melihat bahwa di negara yang memilki kepastian hukum yang jelas, sehingga waralaba  berkembang pesat seperti di negara di AS dan Jepang.

Berikut penerapan untuk menjalan bisnis waralaba sehingga menjadi sukses yang di kutip dari buku 100 Ide Bisnis Terhebat.

  1. Pastikan untuk menyediakan layanan dan produk yang berkualitas secara konsisten di seluruh waralaba untuk memperoleh reputasi positif, stabil, terpercaya dari pelanggan.
  2. Mendirikan waralaba baru yang jaraknya terlalu dekat dengan waralaba sejenis yang sudah berdiri terlebih dahulu dapat beresiko terjadinya kanibalisasi terhadap salah satu waralaba dan mengakibatkan kehilangan pembeli. Walaupun hal ini dapat menjadi praktik bisnis positif, penting juga untuk mempertibibangkan akibatnya.
  3. Berikan kesempatan kepada penerima waralaba untuk mencapai tingkat indenpendensi yang lebih tinggi, yang membedakan mereka dari investor atau konglomerat pasif.
  4. Mintalah bantuan pengacara atau penasihat yang mumpuni dan berpengalaman jika kamu ingin menjual atau membeli sebuah waralaba. Kunci keberhasilannya adalah dengan memiliki produk atau layanan bisnis yang tepat, memahami rincian dengan baik, serta menyetujuinya dan bekerja sama

Sekedar tambahan untuk penerapan agar Bisnis Waralaba bisa Sukses, sebaiknya mencari Perusahaan Waralaba yang sudah mempuni dibidangnya. Akan tetapi kita harus mempelari juga secara detail kinerja secara operasional dan Mekanisme mejalankan Bisnis Frenchise.   Apalgi kita ada di pihak Frenchisee, sebelum berinvestasi di dengan pihak Frenchiser kita harus bisa pastikan prosedur yang ditetapkan secara legalitas terutama dalam hal – hal tertentu yang justru menjadi monopoli Frenchiser tetapi menjadi boomerang bagi Frenchisee.

Jangan mudah diiming – imingi bahwa Frenchisee hanya menyiapkan modal untuk berinvestasi tapi pertanyakan juga hak – hak dan kewajiban  kedua belah puhak,yang nanti harus dipenuhi terutama dalam hal operasional, karyawan dan pembagian untung dan Rugi dll. Kebanyakan Frenchisee hanya mau berinvestasi karena beranggapan bahwa dengan sistem Frenchise mengurangi resiko. Perlu diketahui bahwa tidak ada bisnis yang tidak beresiko. Dalam Bisnis Frenchise pasti ada resikonya terutama bagi Frenchisee, karena dengan berinvestasi pasti mengharapkan modal kembali disertai profitnya. Kalau profit yang kita dapatkan sesuai besar – kecilnya investasi.

Seperti dianalogikan memancing ikan, kalau mau dapat ikan besar ya umpannya juga besar. Tapi kalau Umpannya besar dapat ikan sedang aja atau malah lebih kecil, ini yang jadi masalah.

jadi sebelum memutuskan untuk bisnis waralaba, ada baiknya kita perhatikan hal – hala berikut di atas.

Semoga kiat-kiat ini, menjadi penyemangat bagi Anda untuk lebih berkembang lagi dalam menjalankan bisnis franchise. (HN)    Sumber : Pengalaman Penuslis dan disadur dari http://www.marketing.co.id/blog/2012/11/12/trik-menjalankan-bisnis-waralaba-dengan-sukses/IMG_3614

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s